Senin, 02 September 2019

Apa itu ERP? mengenal ERP lebih dalam

 


Apa itu ERP? ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang mana ERP sendiri merupakan suatu konsep yang digunakan untuk membuat perencanaan serta pengelolaan sumber daya perusahaan yang meliputi dana, mesin, SDM, waktu, serta material, dan kapasitas. ERP adalah sebuah istilah yang berarti sebuah sistem terpadu yang berguna untuk mengelola sumber daya perusahaan dalam skala besar. ERP sendiri dapat mencakup segala aspek dari proses bisnis yang terdapat dalam sebuah perusahaan mulai dari marketing, manajemen pelanggan, manajemen prospek, manajemen proyek, manajemen gudang penjualan dan pembelian, stok barang, akuntansi, sumber daya manusia, lowongan pekerjaan, penggajian, dan masih banyak lainnya.

ERP sendiri merupakan sistem yang memiliki integritas serta terkait secara solid dengan semua bagian dalam proses bisnis tersebut. ERP memiliki sistem yang berupa kumpulan software yang terpisah-pisah atau berupa satu sistem yang utuh yang dapat menangani semua proses dari setiap bagian bisnis atau individu dalam suatu bisnis. 

 Sesuai dengan namanya, ERP memiliki 3 elemen penting yakni enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumberdaya), planning (perencanaan).Dari istilah ERP sendiri dapat diketahui bahwa ERP merupakan konsep yang berjung pada sebuah kegiatan perencaan atau bisa dikatakan ERP lebih berfokus kepada aspek perencanaan. Jadi ERP memiliki fungsi yakni sebagai alat untuk integrasi proses produksi/jasa suatu perusahaan dan juga intergrasi data yang berada dalam organisasi.

ERP adalah sebuah sistem yang tentunya sangat diperlukan dalam perusahaan besar. Hal ini disebabkan karena perusahaan besar memiliki sistem terintegrasi yang begitu kompleks sehingga untuk memudahkannya memerlukan adanya sistem ERP. Namun tidak ada salahnya juga apabila perusahaan baru pun mulai mengadopsi sistem ERP mulai dari awal perintisannya. Sebab dengan menggunakan ERP maka akan dapat menghindari kemungkinan adanya kerumitan migrasi data di kemudian hari.

Lalu apa sih manfaat dengan adanya ERP? Nah tentu ERP memiliki manfaat yang sangat besar dalam sebuah perusahaan yakni untuk memudahkan proses kordinasi bisnis secara menyeluruh. ERP dapat digunakan sebagai integrasi dan juga otomatisasi berbagai proses bisnis, kemudian ERP juga dapat membagi basis data yang umum serta praktik bisnis melalui enterprise. Kemudian ERP juga dapat menghasilkan informasi yang real-time. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat ERP:

•    Dengan adanya sistem ERP, maka akan mempermudah proses pengendalian serta pemantauan pada proses bisnis. Kemudian ERP juga akan memberikan wawasan yang luas untuk pembuat keputusan serta dapat membantunya dalam melakukan prediksi sehingga dapat mengambil keputusan yang lebih baik.
•    Kemudian ERP juga memiliki fungsi otomatisasi yang dapat menjamin aliran informasi sehingga dapat tersalurkan dengan baik. Nah dengan begitu, maka proses bisnis pun dapat berjalan dengan sederhana dan juga responsif.
•    ERP memiliki sistem yang dapat menyatukan banyak unit dalam sebuah ekosistem perusahaan. Dengan demikian, maka ekosistem perusahaan ini akan dapat terintegrasi dengan baik.
•    Kemudian dengan adanya sistem ERP, maka akan membantu perusahaan yang sedang berkembang untuk dapat beradaptasi serta lebih fleksibel dengan segala kebutuhan di masa mendatang.

Jadi untuk perusahaan besar maupun berusahaan yang mulai berkembang, menggunakan ERP sepertinya menjadi hal yang sangat direkomendasikan. Sebab menggunakan aplikasi secara terpisah-pisah mulai dari aplikasi akuntasi sendiri, email marketing sendiri, kasir sendiri, maka dapat menjadikan manajemen sumberdaya kurang efektif dan efisien. Untuk itu perusahaan baru dapat menggunakan sistem ERP. Sebab ERP adalah sebuah sistem yang simpel dan mencakup berbagai aspek sehingga membuat manajemen sumberdaya pun lebih efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:
Write komentar