Kamis, 20 September 2018

5 Bahaya Air Cooler Bagi Kesehatan

Sama seperti air conditioner/ AC yang pemasangannya bertujuan untuk membuat udara menjadi lebih dingin dan menyegarkan, Air Cooler pun juga demikian. Hanya saja Penggunaan Air Cooler lebih cocok ditempatkan pada rumah dengan sirkulasi udara yang benar- benar baik agar proses pertukaran udara berjalan lancar.
Namun, dari sekian banyak keuntungan menggunakan Air Cooler, masih tetap ada bahaya yang mengintai Anda terutama jika penggunaan Air Cooler Anda salah setiap hari dan setiap saat. Catat bahwa bahaya ini hanya akan muncul bila menggunakan Anda salah.

Bahaya Air Cooler bagi kesehatan

Mengganggu sistem pernafasan
Cara kerja Air Cooler tidak seperti Air Conditioner yang langsung menyemburkan butiran air, Sehingga jika dipasang pada ruangan yang tertutup tanpa ventilasi udara yang luas akan berbahaya untuk kesehatan karena didalam Air Cooler tidak terdapat penyaring debu seperti yang ada didalam Air Conditioner.
Jika Air Cooler digunakan pada ruangan yang tertutup malah mengakibatkan sirkulasi udara jadi terganggu dan udara kotor yang mengandung partikel debu, Asap dan sebagainya justru akan menetap didalam ruangan dan tidak bisa digantikan dengan udara yang baru yang bersih.
Apabila hal itu terjadi dalam waktu pemakaian jangka panjang akan menyebabkan munculnya bahaya Air Cooler berupa pada gangguan sistem pernafasan sesak nafas bagi orang orang yang memiliki penyakit asma atau flek pada paru paru bahkan bisa sampai terkena paru paru basa (pneumonia).
Menyebabkan alergi
Selalu bersihkan filter dan bak air didalam mesin Air Cooler supaya efek sejuknya tetap terjaga. Jika filter dan bak air jarang dibersihkan maka akan timbul berbagai penyakit yang disebabkan oleh Air Cooler. Berbagai macam kotoran didalam ruangan baik debu radikal bebas maupun udara kotor yang lain dapat menimbulkan sesak napas.
Mengurangi oksigen dalam ruangan
Jangan menggunakan Air Cooler terus menerus dalam ruangan tertutup apalagi dalam jangka panjang. Jangan menyalakan Air Cooler sampai lebih dari 4 jam karena dapat menyebabkan munculnya bahaya Air Cooler yaitu berupa terganggunya keseimbangan tubuh misalnya seseorang akan mudah terserang sesak nafas, Asma, Masuk angin dan flu jika dipakai terus menerus sepanjang hari. Kondisi tersebut dipicu karena berkurangnya kadar oksigen didalam ruangan yang tidak disadari. 
Mempermudah perkembangbiakan bakteri
Air cooler tidak bekerja seperti Air Conditioner yang bisa membuat suhu ruangan menjadi sangat dingin karena cara kerjanya hanya seperti kipas pada umumnya dan sistem pendinginan ruangannya menggunakan air sehingga dalam penggunaannya harus didalam ruangan yang terdapat celah untuk ventilasi udaranya.
Air Cooler yang digunakan pada tempat yang lembab udaranya dapat mengakibatkan mudahnya kemunculan bakteri radikal bebas seperti kotoran dan debu yang masuk melalui lubang ventilasi udara. Oleh karena itu jagalah keadaan ruangan agar tetap bersih tanpa adanya sampah.
Kondisi ruangan yang bau dan sumpek
Air Cooler sebaiknya dipakai pada tempat yang terdapat banyak udara bebas seperti taman, Ruang tamu atau ruang kelauraga yang pintu daan jendelanya terbuka lebar. Jika dipakai dalam ruangan yang sempit dan tertutup maka kondisi ruangan akan tetap saja terasa panas, bahkan akan  muncul bau apek pada pakaian dan peralatan ruamah tangga Anda semisal guling, bantal, Kasur dan sebagainya sehingga akan menyebabkan suasana ruangan menjadi sumpek.
Apakah Anda pernah punya air cooler? Buat Anda yang masih mempertimbangkan tentang membeli air cooler, silakan cek air cooler merek Honeywell. Honeywell air cooler merupakan best seller di Amerika serikat, pada online shop Amazon.
Kebetulan Honeywell air cooler baru saja masuk Indonesia, dan telah banyak tersedia di toko-toko offline dan toko online. Kemarin saya baru saja beli merek Honeywell, dan sejuknya oke banget. Air cooler Honeywell yang saya punya seri CL201AE, yang besar. Anginnya kenceng, tapi memang harganya mahal. Menurut saya worth it sih.
Kalau Anda mau coba merek lain, Midea juga bagus ya. Karena designnya kalo menurut saya minimalis banget, dan sejuknya juga oke. Cuma pastikan aja bahwa Anda menggunakan air cooler di daerah yang ada ventilasi. Karena penting sekali air cooler itu digunakan di daerah dimana udara bisa bersirkulasi dengan baik. Kalau ngga ada ventilasi nanti malah jadi gerah dan lembab.
Itu tadi artikel tentang bahaya menggunakan Air Cooler jika tidak digunakan dengan cara yang tepat dan dipakai dalam waktu yang  lama pula. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar