Senin, 12 Maret 2018

Tumbuh Kembang Bayi Usia Dua Bulan

foto:tipsanakbayi.com


Tumbuh kembang bayi baik mental maupun fisik akan berkembang pesat dalam beberapa bulan pertama kehidupan. Meskipun anak-anak yang berbeda berkembang dengan tingkat yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan anak akan mencapai tonggak perkembangan tertentu selama bulan kedua mereka. Orangtua harus memperhatikan perkembangan anak dengan seksama dan mencari tanda-tanda perkembangan yang sehat.
Jika Anda khawatir bahwa perkembangan anak Anda maka, berkonsultasilah dengan dokter anak Anda. Dari lahir sampai satu bulan, bayi masih sangat lemah dan lebih banyak tidur. Sementara pada tumbuh kembang bayi usia dua bulan, bayi dapat merasakan warna. Pada usia dua bulan, seorang bayi mungkin menunjukkan ketertarikan pada mainan atau boneka binatang dengan desain yang melibatkan banyak warna.
Pada usia ini, kebanyakan bayi dapat mengendalikan otot mata mereka dan mengarahkan pandangan mereka ke arah tertentu. Anda mungkin melihat bayi Anda melihat sekelilingnya dengan rasa ingin tahu, sering memfokuskan penglihatannya pada benda-benda tertentu. Pada usia ini, kebanyakan bayi hanya bisa fokus pada objek sekitar satu kaki.
Dari usia dua sampai tiga bulan, umumnyabayi menguji pita sudah membuat berbagai suara. Anda mungkin memperhatikan bayi Anda menangis atau mendengus. Bayi berusia dua bulan juga mungkin mulai menghubungkan suara dengan sumbernya. Anda akan melihat bayi Anda mencari sumber suara tertentu atau melihat mulut mereka saat mereka berbicara. Banyak bayi bisa mengenali suara orang tua mereka pada usia ini.
Kontrol motorik
Sebagian besar gerakan bayi menjadi sedikit terkoordinasi pada usia dua bulan. Banyak bayi mulai bisa mengangkat kepala mereka sendiri sambil berbaring di atas perut mereka atau duduk dengan dukungan. Tumbuh kembang bayi umur dua bulan sering tertarik pada tangan mereka sendiri, dan mungkin sering mengisap jari mereka.
Perkembangan Sosial dan Emosional
Dari kelahiran sampai usia satu bulan, bayi hampir seluruhnya asosial. Antara dua dan tiga bulan, bayi biasanya mulai tersenyum di wajah orang. Pada usia ini, bayi akan sering fokus pada wajah seseorang untuk waktu yang lama. Bayi berusia dua bulan sering mengalami ketegangan dan kesusahan, tapi mereka juga bisa merasakan kegembiraan.
Perkembangan Fisik
Bayi berusia dua bulan hampir sepenuhnya bergantung pada orang tua atau pengasuh mereka. Bayi sering membutuhkan lima atau lebih makanan dan 14 jam tidur setiap hari. Orang tua mungkin memperhatikan anak mereka mulai tidur dalam interval yang lebih lama. Seorang bayi mungkin juga mulai menghasilkan lebih banyak air liur.

Tidak ada komentar:
Write komentar