Jumat, 17 Februari 2017

Panduan Dalam Memilih Sabun Bayi yang Aman Untuk Bayi

Sabun bayi digunakan untuk membersihkan tubuh bayi yang harus tetap steril dan terhindar dari kuman ataupun bakteri. Anda harus mengetahui sabun yang tepat untuk kulit bayi Anda. Kalau tidak tepat bisa mengiritasi kulit atau menimbulkan masalah lain pada kulit bayi Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai panduan dalam memilih produk untuk bayi. 

Langkah utama saat memilih sabun bayi adalah perhatikan keamanan dari produk itu dan pastikan terdaftar di Dinas Kesehatan Indonesia. Jangan hanya memilih yang mahal saja, tapi tidak cocok untuk bayi Anda. Dalam hal ini yang paling penting adalah kesehatan bayi Anda bukan gengsi atau kemahalan atau juga kepopuleran suatu produk. Berikut ini tipsnya!

foto:xebooks.net

Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman
Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat memilih sabun bayi, diantaranya sebagai berikut :

Periksa komposisinya
Cari komposisi produk sabun bayi pada kemasannya. Baca semua bahan yang terkandung di dalamnya karena banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya. Diantaranya citrus, peppermint, ammonia, glycols dan phenol, formaldehyde, betaine kokamidopropil, propil paraben dan coconut dietanolamida. Semua bahan-bahan tersebut telah teridentifikasi sebaga zat yang berpotensi racun. 

Sesuaikan sabun dengan pH kulit
Langkah selanjutnya dalam memilih sabun bayi adalah sesuaikan sabun dengan pH kulit. Pilih sabun yang ringan dan hipoalergenik atau yang bisa menimbulkan alergi yakni dengan pH yang mendekati pH kulit sekitar 5,5 – 6,5. Pewarna dan parfum sabun juga sebaiknya tidak sensitif terhadap kulit bayi dan lebih baik pilih yang tidak berwarna. 

Pilih yang kandungannya bahan alami
Anda bisa memilih sabun bayi yang mengandung bahan alami seperti coconut & palm oil dan minyak zaitun. Bahan ini bisa menjaga kelembutan kulit bayi. Atau yang mengandung lidah buaya yang berguna untuk menghaluskan kulit bayi Anda. Jenis ekstrak vitamin E, C dan B5 bisa menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit. Atau pilih saja yang mengandung Alphabisabolol sehingga mampu mengurangi iritasi kulit bayi Anda. 

Perhatikan tanggal kadaluarsa
Periksa tanggal kadaluarsa pada sabun bayi sebelum Anda membelinya. Kalau sampai terlewatkan tanggalnya bisa mengiritasi kulit atau membahayakan bayi Anda. 

Demikianlah tips memilih sabun bayi yang tepat dan mampu menjaga kesehatan bayi. Laksanakan panduan ini ketika Anda membeli sabun untuk bayi Anda. Kesehatan bayi Anda bisa mempengaruhi perkembangannya. Jadi sangat penting untuk menjaganya.

Tidak ada komentar:
Write komentar